Contoh Surat Penyerahan Hak Milik Hibah Tanah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Untuk memperlengkap koleksi contoh surat yang sudah ada satu jenis surat lagi akan kita pelajari yaitu surat penyerahan hak milik hibah tanah. Dengan contoh ini semoga saat kita membutuhkan kita sudah memiliki gambaran bagaimana format atau draft surat hibah untuk penyerahan tanah.

Surat penyerahan hak milik atau hibah biasa dibuat untuk memperkuat status kepemilikan yang berasal dari pemberian atau hibah misalnya dari orang tua ke anak.

Dalam uraian ini akan diberikan sebuah contoh surat hibah tanah dari orang tua kepada anaknya. Dengan surat pernyataan penyerahan hak milik ini tentunya seseorang yang diberikan hibah akan memiliki hak penuh terhadap barang yang dihibahkan dan memiliki kekuatan hukum.

Contoh tersebut hanya sebagai gambaran saja, format surat yang akan sobat buat dapat saja disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuknya juga mungkin dapat berbeda.

Meski tidak dapat menjadi patokan namun untuk memberikan gambaran bagaimana surat hibah tanah saya rasa format surat tersebut bisa kita manfaatkan.

SURAT PENYERAHAN HAK MILIK / HIBAH

Pada hari ini Rabu tanggal 24 bulan November Dua ribu Sepuluh, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Anggap Saja Kamu
Umur                : 67 tahun
Pekerjaan         : Apa Aja Boleh
Alamat             : Onlinesite, Kec. Contohsurat

Mengingat usia saya sudah tua dan istri saya sudah meninggal + empat tahun dan saya hidup menduda + 1 tahun dan saya berumah tangga kembali kurang lebih 3 tahun. Untuk menjaga ketenangan keluarga saya dan dikemudian hari apabila terjadi keributan antara anak-anak saya maka dari itu dengan ketulusan hati dan pertimbangan-pertimbangan serta wawasan-wawasan dari berbagai pihak antara lain dari konsultan hukum dan notaris maka dari itu saya menyimpulkan untuk menghibahkan hak milik saya, berupa 2 bidang tanah dan tanam tumbuhan yang ada diatasnya kepada:

Nama               : Anak Kamu
Umur                : 30 tahun
Pekeraan          : Dagang
Alamat             : Dimana Alamatnya

1.      seluas kurang lebih: 560 M2 dan tanah tersebut berbatasan dengan:
Sebelah utara berbatasan dengan          : Lorong Hitam
Sebelah timur berbatasan dengan          : T. Sekakos
Sebelah barat berbatasan dengan          : Ngasrimul
Sebelah selatan berbatasan dengan        : Musiranijem

2.      dan tanah kedua seluas kurang lebih: 1/16 M2 dan tanah tersebut berbatasan dengan:
Sebelah utara berbatasan dengan          : Suratmoniraaa
Sebelah timur berbatasan dengan          : Sukirnowatilooh
Sebelah selatan berbatasan dengan        : Gang / Lorong
Sebelah barat berbatasan dengan          : Gang / Lorong

Tanah tersebut terletak di desa Apaya Dusun I Kecamatan Contohsurat Kabupaten Google Dot Kom.

Demikian surat penyerahan hak milik / hibah ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan apabila dikemudian hari akan diajukan atau didaftarkan ke Badan Pertanahan Nasional tingkat kabupaten / kota segala sesuatu biaya apapun menjadi tanggung jawab penerima hak milik / hibah.


Surabya, .............

        Saksi                                 Mengetahui                                       Tertanda
         Kepala Kampung                           Camat



  (____________)             (_____________)              (___________)

Untuk sementara sampai disini saja, apabila ada contoh surat lain yang berkaitan tentunya akan segera di update agar dapat dijadikan bahan referensi dan pembelajaran bagi kita semua. Kalau ada yang kurang pas mohon tidak perlu digunakan.


Lain waktu kita akan coba menghadirkan contoh lain sebagai bahan perbandingan format yang sudah ada di atas. Mohon bersabar. Terima kasih telah berkunjung dan sampai bertemu di contoh berikutnya.