Contoh Surat Pesanan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Kumpulan Contoh Surat Pesanan Terlengkap - Berbicara mengenai surat pesanan pasti kita setuju bahwa surat ini sangat penting dan banyak di butuhkan apalagi jika kita bergerak di bidang jual beli. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan surat ini, fungsinya apa dan juga bagaimana cara menyusun dan membuat surat tersebut. Jelas dong, kalau kita tidak tahu dan tidak bisa menyusun sendiri surat ini kita tidak bisa memesan barang dengan sistem ini dong, benar bukan?

Karena situs format contoh surat ini memang fokus pada pembahasan berbagai macam surat maka sekarang kita juga akan membahas mengenai surat pesanan tersebut secara lengkap agar kita paham dan mengerti dan jelas mengenai detail jenis surat ini. Disini nanti kita akan membahas mulai dari definisi, bagian-bagian sampai pada kiat atau tips dalam membuat surat tersebut.

Sebelumnya telah diberikan beberapa contoh mengenai surat ini namun tidak apa-apa, semakin banyak yang kita pelajari maka akan semakin bagus sebagai referensi kita. Jadi jika kita ingin memesan apapun menggunakan surat ini kita sudah tidak perlu bingung dan takut salah. Dengan pembahasan seperti ini nantinya diharapkan kita dapat menyusun sendiri contoh, draft dan juga format yang di perlukan untuk surat ini. Jadi kita bisa tambah pintar menangani berbagai berkas surat yang dibutuhkan.

Pengertian Surat Pesanan

Surat pesanan adalah surat yang dikirim oleh seseorang atau pun perwakilan organisasi tertentu kepada penjual suatu barang maupun jasa yang berisi pesanan untuk membeli sejumlah barang atau memesan suatu jasa tertentu. Jadi dilihat dari definisi di atas jelas sekali bahwa surat pesanan adalah sebuah surat yang tujuannya untuk memesan produk tertentu baik itu berupa barang maupun jasa. Surat ini selanjutnya bisa dikirim secara pribadi atau perorangan maupun oleh instansi atau perusahaan.

Dari definisi atau pengertian di atas kita juga dapat memperkirakan seperti apa bentuk dari pesanan ini. Bisa dikatakan surat ini juga merupakan surat resmi di mana penulisannya tentu memiliki bentuk surat baku seperti biasanya. Lalu apa saja yang ada dalam surat tersebut?

Kalau kita hendak membuat surat ini maka sudah pasti setidaknya ada tiga poin informasi yang akan kita sampaikan. Pertama, surat tersebut tentu akan memuat identitas kita sebagai pemesan. Kedua akan ada informasi detail mengenai apa yang di pesan mulai dari nama barang, merk, jumlah dan lain sebagainya. Ketiga, kita juga akan mencantumkan pihak penjual dimana kita akan memesan produk yang diinginkan. Jadi jika kita akan membuat pesanan maka kita harus memperhatikan hal tersebut. Selanjutnya, adapun yang harus di perhatikan dalam menyusun surat pesanan adalah sebagai berikut:
  1. Menyebutkan atau memberi tahu surat pemesanan berdasarkan surat penawaran iklan 
  2. Menyebutkan jenis dan jumlah pesanan, jika perlu dibuat dalam bentuk daftar agar mudah melayani dan mengeceknya
  3. Menyebutkan cara pengiriman yang di kehendaki 
  4. Menyebutkan cara pembayaran 
  5. Menyebutkan waktu pengiriman yang di kehendaki 
  6. Menyebutkan cara pengepakan
Dalam menulis pesanan kita akan menyertakan juga referensi penawaran yang menjadi dasar pesanan yang akan kita lakukan. Dengan begitu pihak penjual akan lebih mudah mengetahui apa saja produk yang pernah di tawarkan dan juga mengetahui berbagai informasi lain seperti harga yang ditawarkan dan sebagainya. Selanjutnya dalam surat pesanan kita juga harus secara jelas menyebutkan jenis dan jumlah pesanan yang diinginkan. Termasuk di dalamnya, jika mungkin, kita dapat membuatnya dalam bentuk daftar agar lebih mudah di cek dan dilayani.

Kita juga hendaknya menyebutkan juga bagaimana cara pengiriman yang kita kehendaki berikut dengan cara pembayaran dan juga waktu pengiriman yang diinginkan. Jika perlu kita juga dapat menyebutkan atau menyertakan informasi tentang cara pengepakan barang yang di pesan. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai bentuknya mari kita perhatikan format surat pesanan di bawah ini.

Contoh Surat Pesanan

Dengan melihat contoh di atas sekarang kita semakin jelas bagaimana bentuk dari surat ini. Sederhananya untuk membuat pesanan yang diinginkan kita bisa langsung menulis seperti contoh di atas dan mengganti data-data yang diperlukan misalnya saja nama perusahaan, barang yang di pesan dan lain sebagainya. Dengan begitu kita akan lebih menghemat waktu dalam menyelesaikan penyusunan surat tersebut. Tentunya kita akan tahu bagaimana cara membuat surat pesanan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Contoh Surat Pesanan Terlengkap

Yang sudah diberikan di atas adalah contoh dalam bentuk gambar jadi hanya bisa kita gunakan sebagai bahan belajar saja. Bagaimana jika kita membutuhkan contoh yang dalam bentuk tulisan? Tenang, berikut akan di berikan beberapa koleksi contoh surat yang bisa kita gunakan langsung. Dengan beberapa contoh berikut kita bisa lebih mudah dalam membuat surat yang di butuhkan. Caranya adalah dengan menyalin surat yang sesuai dan kemudian melakukan perubahan seperti yang di perlukan.

Ada beberapa contoh yang sudah lama kita bahas melalui situs ini dan tentunya berbagai contoh tersebut juga bisa kita jadikan bahan referensi dan pertimbangan. Berbagai contoh yang terdahulu antara lain seperti dalam daftar berikut:

  1. Surat pesanan barang elektronik
  2. Surat konfirmasi pemesanan barang
  3. Surat pemesanan barang pelengkapan
  4. Surat pemesanan barang cv

Jika dibutuhkan kita dapat langsung melihat contoh tersebut dengan mengikuti tautan yang telah disertakan dari tulisan di atas. Di dalam masing-masing tautan tersebut akan ada pembahasan secara spesifik berbagai contoh surat pesanan yang banyak kita butuhkan.

Selain itu, di beberapa kesempatan ke depan kita juga tetap akan menambah berbagai referensi yang sudah ada tersebut agar lebih lengkap. Hal ini mengingat contoh yang sudah di bahas masih sangat sedikit dan jauh dari cukup. Untuk itulah akan diberikan lagi berbagai contoh lain. Kita yang membutuhkan lebih banyak bahan referensi dapat mencari lainnya di bagian bawah berikut.

Contoh surat pesanan dalam bahasa inggris
Nah, untuk yang satu ini sebenarnya masih sama dengan yang lain tetapi yang membedakan hanyalah bahasa yang digunakan saja. Pada contoh ini kita akan mempelajari bagaimana bentuk surat pesanan bahasa Inggris. Selain itu tentu kita akan belajar membuat pesanan dalam bahasa Inggris tersebut. Dan yang terpenting tentunya adalah akan diberikan juga contoh dari surat pesanan yang kita butuhkan.

Contoh surat pesanan pembelian
Ini sebenarnya hanya bentuk lain dari kalimat yang biasa kita gunakan, sama saja dengan contoh yang sudah diberikan di atas. Yang namanya surat pesanan adalah sama saja dengan pesanan pembelian. Seperti kita ketahui, memesan tentu sama saja dengan membeli, jadi contohnya juga sama saja. Jadi contoh yang ini bisa kita lewati saja.

Contoh surat pesanan obat
Kalau contoh yang ketiga ini bedanya hanya pada produk yang di pesan. Surat pesanan ini digunakan untuk memesan produk obat. Dalam contohnya nanti kita bisa mengetahui lebih jauh mengenai pesanan ini mulai dari siapa yang memesan, bagaimana pemesanannya dan lain sebagainya.

Contoh surat pesanan barang pemerintah
Untuk yang berikutnya ini kita akan mempelajari beberapa contoh untuk surat pesanan barang pemerintah. Di dalamnya tentu kita akan melihat dan mempelajari bagaimana format surat, draft surat dan juga contohnya sekaligus.

Contoh surat pemesanan rumah
Ada juga yang kita butuhkan selain beberapa contoh di atas yaitu untuk contoh surat pemesanan rumah dimana surat ini akan berisi pemesanan terhadap suatu bangunan rumah tertentu. Bagaimana bentuk dan kalimat dalam surat ini nanti kita akan mengetahui dari contoh yang diberikan.

Contoh surat pemesanan buku
Kalau yang terakhir ini bisa dikatakan juga sama dengan yang sudah ada di atas. Yang membedakan hanya di bagian jenis barang yang di pesan saja. Pada pemesanan buku tentu saja barang yang akan di beli adalah buku.

Itulah tadi berbagai Contoh Surat Pesanan yang bisa kita jadikan sumber belajar dan referensi. Semoga dengan adanya pembahasan ini kita bisa lebih mengerti dan paham dengan bagaimana bentuk dan cara membuat jenis surat niaga tersebut.