Surat Lamaran Pekerjaan Lulusan SMA Sederajat

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Lulusan SMA Sederajat - Untuk melengkapi beberapa referensi draft format surat yang sebelumnya telah kita bahas kali ini kita akan kembali belajar bagaimana menyusun lamaran pekerjaan khususnya untuk lulusan SMA sederajat. Jadi, diharapkan dengan artikel contoh surat ini kita semua lulusan sma, ma, smk dan lulusan sma sederajat lainnya dapat lebih mudah dalam menyusun lamaran yang dibutuhkan.

Tanpa belajar dari contoh surat terkadang meski mudah kita tetap bingung dan kurang percaya diri untuk menulis lamaran pekerjaan yang kita butuhkan. Hal ini karena kita merasa kurang berpengalaman dan kurang begitu paham dengan penyusunan surat tersebut. Selain itu juga karena kita merasa takut jika kesalahan dalam menulis lamaran ini bisa berakibat pada tidak diterimanya lamaran yang kita ajukan.

Memang benar, Surat Lamaran Pekerjaan yang dikirimkan menjadi salah satu pertimbangan dan penilaian terhadap si pelamar namun kita tidak perlu terlalu takut karena bagaimanapun itu masih banyak pertimbangan lain yang dinilai dari diri kita. Agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan hal buruk seperti yang kita takutkan maka kita harus belajar bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar. 

Dalam menyusun jenis surat ini, khususnya Lamaran Kerja Lulusan SMA Sederajat kita harus menyusunnya dengan benar menggunakan format dan bahasa baku yang sesuai ketentuan. Beberapa catatan dalam membuat atau menyusun lamaran ini yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan bahasa baku yang baik dan benar
2. Gunakan format penulisan standar (baku) sesuai ketentuan
3. Tulis lamaran sesuai ketentuan perusahaan
4. Lamaran ditulis dengan rapi dan bersih

Beberapa catatan di atas ditulis berdasarkan kesalahan yang paling sering dilakukan dalam membuat lamaran kerja. Yang pertama, perlu benar-benar kita ingat bahwa lamaran ini harus ditulis menggunakan bahasa baku, bisa bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sesuai ketentuan dan kebutuhan. Selanjutnya kita juga harus menggunakan format penulisan yang juga baku. Jangan tulis lamaran menggunakan format surat yang kurang atau tidak baku.

Terkadang suatu perusahaan memberikan keterangan atau panduan khusus untuk lamaran yang harus di kirim. Sebagai contoh ada perusahaan yang meminta kita menulis lamaran dengan tulisan tangan, kita harus memperhatikan ketentuan tersebut jika memang ada. Selain itu, kita juga harus menulis lamaran tersebut dengan rapi dan bersih. Jangan ada kotoran atau lipatan kertas yang tidak perlu dalam lamaran tersebut.

Beberapa catatan di atas bukan merupakan ketentuan baku namun hanya sebagai referensi saja bagaimana sebaiknya kita membuat lamaran yang kita butuhkan. Selanjutnya, agar lebih jelas kita bisa mencari berbagai Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang baku dari berbagai sumber. Supaya tidak terlalu susah dalam mencari referensi, silahkan lihat contoh yang sudah disiapkan di bawah ini. 

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Lulusan SMA Sederajat

Jakarta, 25 Februari 2015
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 7 lembar

Kepada Yth. Bapak Onomangku
Kepala HRD PT. Tetap Adalowongan

Dengan hormat,
Bersama surat ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan Bapak/Ibu untuk menempati posisi sebagai Sekretaris. Berikut ini data diri saya.
  1. Nama : Format Contoh Surat
  2. Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 30 Desember 1990
  3. Pendidikan terakhir : SMA 1 Januari Jakarta jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Alamat : Jl. Persimpangan Tiga, Jakarta Pusat
  5. No. HP : 0821234567
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, saya lampirkan :
  1. Curriculum Vitae (CV) / Daftar riwayat hidup
  2. Photo copy Ijazah SMA yang dilegalisir
  3. Photo copy Surat Berkelakuan Baik
  4. Photo copy Surat Keterangan Berbadan Sehat
  5. Photo copy Surat Pengalaman Kerja
  6. Photo copy KTP
  7. Pas Foto 4 x 6
Saya yakin dan percaya bahwa posisi ini merupakan suatu pekerjaan yang menarik dan menantang karenanya saya sangat tertarik untuk dapat segera bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu sebagai Sekretaris. Besar harapan saya untuk dapat bergabung menjadi teknisi di perusahaan yang Bapak pimpin.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 30 Februari 2015

Hormat saya,


Format Contoh Surat


Yang di atas adalah Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Lulusan SMA Sederajat yang bisa kita jadikan acuan dalam membuat lamaran kerja lulusan SMK, SMEA, SMA dan sebagainya. Mudah-mudahan dengan adanya satu contoh di atas bisa menjadi bahan referensi dan bahan belajar dalam menulis lamaran yang sedang di butuhkan. 

Perlu diingat, yang ada di atas hanyalah sebagai contoh saja, untuk memastikan kita mendapatkan referensi yang cukup kita sebaiknya juga melihat dan mempelajari beberapa contoh lain. Selain yang disertakan di atas masih ada beberapa contoh lain yang bisa dipelajari. Jika diperlukan kita bisa mempelajari contoh lain yang dibutuhkan di bagian akhir tulisan ini.