Contoh Draft Surat Talaq Cerai dan Cara Membuatnya

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Sama sekali tidak mendoakan atau menghendaki anda membuat Surat Talaq Cerai namun jika memang anda membutuhkan contoh untuk surat tersebut maka anda bisa mendapatkannya di sini. Surat pernyataan tersebut bisa anda pelajari bagaimana cara membuatnya dan juga bagaimana bentuk suratnya. Yang jelas, bisa dijadikan tambahan referensi surat menyurat yang sudah ada.

Sedikit gambaran mengenai jenis pernyataan ini, Surat Talaq adalah surat pernyataan yang berisi kesepakatan dua belah pihak untuk berpisah dari pernikahan resmi yang telah sebelumnya di jalin. Pernyataan ini dibuat oleh kedua belah pihak dan ditandatangani didepan para saksi. Sudah banyak contoh yang ada.

Jika anda hendak membuat surat ini maka anda harus memperhatikan beberapa informasi dasar yang harus ditulis yaitu antara sebagai berikut:

1. Data diri
2. Alasan talaq
3. Kesepakatan

Bagian penting pertama dalam surat ini tentu adalah data diri atau identitas pihak yang terkait dalam hal ini pihak suami dan pihak istri. Selanjutnya akan disertakan juga alasan terjadinya talaq tersebut. Kemudian, dalam surat talaq cerai juga akan dipaparkan beberapa kesepakatan misalnya kesepakatan untuk tidak menuntut satu sama lain dan sebagainya. Untuk lebih jelas silahkan pelajari langsung draft surat talaq berikut ini.

Contoh Draft Surat Talaq Cerai

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama            : ………………
Bin            : ………………
Tempat / Tgl.Lahir    : ………………
Pekerjaan        : ………………
Agama            : ………………

Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya yang bernama tersebut di atas pada hari Senin Tanggal …. bulan …. Tahun …., Telah menjatuhkan Talak ...... (.............) atas istri saya :


Nama            : ………………
Bin            : ………………
Tempat / Tgl.Lahir    : ………………
Pekerjaan        : ………………
Agama            : ………………

Talaq/cerai ini menjadi keputusan bersama atau kesepakatan kami berdua sebagai jalan keluar atas permasalahan yang ada di dalam rumah tangga atau perkawinan kami sebagai penyelesaian atas hal yang ada di dalam nya tidak dapat diatasi atau dipertahankan lagi. Perceraian ini kami lakukan secara sadar dan atas kehendak sendiri (kami bersama) tanpa ada paksaan dari siapapun,dan tidak ada tuntutan di kemudian hari dalam bentuk apapun dari kedua belah pihak. Dan dengan ini pula resmilah kami bercerai.

Demikian Surat Pernyataan Ikrar Talak ini saya buat dengan sesungguhnya di atas kertas bermaterai cukup untuk dapat dipertanggungjawabkan di muka hukum, dalam keadaan sehat rohani dan jasmani untuk selanjutnya di gunakan dimana perlu.

Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dari pihak keluarga saya atau kejanggalan dalam proses perceraian yang Non Prosedur, Saya tidak akan menuntut dan saya akan bertanggung jawab sendiri (sepenuhnya) tanpa melibatkan petugas atau orang lain.

Jakarta,……………….

Istri yang di ceraikan                                                    Suami yang menceraikan



(………………………)                                               (………………………)       


SAKSI – SAKSI
         
(………………………)                                               (………………………) 

Semoga Contoh Draft Surat Talaq Cerai tidak akan pernah anda buat dan anda gunakan. Itu saja, mudah-mudahan uraian dan contoh di atas bisa menjadi bahan belajar bagi anda semua yang membutuhkan. Silahkan baca juga beberapa model lain untuk surat ini di bagian akhir tulisan ini. Trims.