Surat Pesanan Barang Elektronik

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik - Kalau kita sudah tahu dan paham dengan bentuk atau format surat pesanan sebenarnya untuk barang atau produk apapun kita akan dengan mudah membuat surat pesanan yang dibutuhkan. Meski begitu terkadang masih ada keragu-raguan terutama jika kita belum terbiasa berurusan dengan surat-menyurat seperti ini. Kali ini kita akan bahas lagi contohnya yaitu khusus untuk pemesanan barang elektronik. 

Pada contoh surat pemesanan barang yang sebelumnya kita juga telah mempelajari satu jenis pesanan yang berbeda yaitu produknya dan kali ini untuk lebih membiasakan diri kita dalam membuat pesanan maka kita tambah lagi yang ada. Untuk pembahasan mengenai contoh surat ini ada beberapa pembahasan terkait yang sering kita butuhkan yaitu sebagai berikut:

- Surat pemesanan barang elektronik
- Surat pemesanan barang dalam bahasa inggris
- Contoh surat pemesanan barang dan jasa
- Surat pesanan barang pemerintah
- Surat permintaan barang
- Contoh surat pemesanan barang 2010
- Contoh surat pemesanan barang dalam bahasa inggris
- Contoh surat pemesanan barang full block style

Satu persatu berbagai pembahasan tersebut akan kita lengkapi agar situs contoh format surat ini bisa menjadi referensi yang lebih lengkap lagi. Sekarang kita bahas terlebih dahulu mengenai pemesanan barang elektronik tersebut. 

Yang berbeda dari surat pesanan ini sebenarnya hanya terletak pada jenis barang atau produk yang dipesan. Bentuk, susunan dan kalimat yang digunakan masih sama seperti pada contoh sebelumnya yang sudah kita bahas. Surat pesanan ini menggunakan bentuk surat resmi dengan segala aturan yang ada yaitu terdiri dari:

a) Kepala surat (kop)
b) Nomor surat, lampiran perihal dan tanggal
c) Penerima surat
d) Isi surat
e) Penutup

Untuk sementara masing-masing bagian surat di atas tidak kita bahas disini. Demi untuk memanfaatkan waktu lebih efektif kita akan langsung pada contohnya saja. Agar lebih jelas mengenai bagaimana bentuk surat pesanan elektronik tersebut mari kita baca contoh berikut!



Contoh Surat Pemesanan Barang Elektronik


PT. ADA ADA SAJA
Jl. Yang Sangat Sempit No.0001
PALANG PINTU
=====================================================
Nomor : 120/AAS/VIII/2015
Lampiran: -
Hal: Pesanan Barang Elektronik                                    02 Agustus 2015

Kepada,
PT. TERLALU
Jl. Aspal No.1000
JAKARTA

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari surat yang saudara ajukan, maka kami berniat memesan barang-barang elektronik berupa dibawah ini:

  1. 1000 unit TV LCD Flat
  2. 1001 unit mesin cuci mini
  3. 1002 unit kulkas mini

Pembayaran akan dilakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan pada saat barang sudah kami terima dengan keadaan baik.

Kami harap barang tersebut dikirim secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,


Contohsurat
Direktur


Dari contoh di atas jelas sekali terlihat bahwa bentuk dari surat pesanan ini jelas tidak berbeda dengan pesanan lainnya. Contoh di atas menggambarkan bahwa memang benar, yang berbeda adalah pemesan, yang dipesan, barang atau produk yang dipesan. Meski begitu, perlu tetap kita perhatikan bahwa mungkin saja perusahaan memiliki ketentuan lain yang berhubungan dengan surat pesanan ini.

Sementara itu saja dulu contoh kali ini, lain waktu kita akan bahas lebih rinci mengenai masing-masing contoh yang sudah diberikan. Pada kesempatan lain kita juga akan membahas bagaimana cara menulis surat pesanan dalam sebuah perusahaan dan lain sebagainya. Semoga dengan tambahan contoh untuk Surat Pesanan Barang Elektronik ini kita bisa lebih paham lagi mengenai cara memesan barang.