Contoh Surat Penagihan dan Peringatan

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Penagihan dan Peringatan - Ada suatu keadaan dimana terkadang pemesan barang telah melewati batas waktu pembayaran yang telah ditentukan dan kita harus mengirimkan surat penagihan dan peringatan tentang hal tersebut. Untuk referensi berikut satu contoh surat penagihan dan peringatan dari perusahaan untuk dipelajari.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, surat penagihan dan peringatan bertujuan untuk menagih dan memperingatkan pembeli bahwa mereka telah melewati batas waktu pembayaran barang yang telah disepakati. Hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebagai contoh adanya kasus pemesanan yang tidak dibayar.

Dalam mengirimkan surat ini, penjual berharap kepada pembeli atau pemesan barang agar dapat melakukan pelunasan atau menyelesaikan pembayaran untuk segala pesanan yang sudah dilakukan sebelumnya. Dan dengan menerima surat ini pihak pembeli akan mendapatkan informasi mengenai permasalahan tersebut. 

Apabila memang mereka lupa pada term of payment yang sudah disepakati maka mereka akan ingat dan dapat melakukan pelunasan secepatnya. Supaya lebih jelas mengenai hal tersebut mari bersama-sama kita lihat contoh penagihan dan peringatan tersebut.

Setidaknya demikianlah tata cara yang berkaitan dengan pemesanan barang; untuk membeli barang pertama kita akan mengirimkan surat pemesanan barang. Kemudian pihak penjual akan melakukan konfirmasi pemesanan sebelum pemesanan diproses. Setelah melakukan pemesanan, pihak penjual biasanya juga akan mengirimkan surat pemberitahuan pengiriman barang kepada pihak pembeli.

Apabila dalam proses pengiriman terjadi barang rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan maka pihak pembeli dapat mengirimkan surat klaim kerusakan barang kepada penjual. Selanjutnya jika pembeli mengalami keterlambatan maka penjual tentunya akan mengirimkan surat seperti contoh pada pembahasan ini.



Contoh Surat Penagihan dan Peringatan


PT. CADALITAP INDO
Jl. Ruhui Rahayu Blok D No.1
SUMATRA
=========================================================
No. : 134/CI/V/2012                                                     23 Mei 2012
Lamp: -
Hal: Penagihan dan peringatan

PT. Mufakat Saja
Jl. Mangga 2 Blok A No.132
Sumatra

Dengan hormat,
Bersama ini kami beritahukan bahwa menurut pembukuan kami , bapak masih memilki kewajiban yang belum dibayarkan , sebesar Rp.120.000.000 (Seratus Dua Puluh Juta Rupiah) sesuai faktur No.141/NOI/XII/2012 yang salinanya kami sertakan sebagai lampiran surat ini.

Mengingat saat ini telah 5 bulan melewati batas waktu yang telah kita sepakati sebelumnya, maka dengan ini kami sangat berharap bapak akan segera melunasinya.

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
PT. CADALITAP INDO

Tri Handoko
Manager




Cukup sampai disini pembahasan singkat kita mengenai contoh penagihan, semoga contoh di atas dapat dijadikan bahan belajar dalam menyusun surat seperti ini. Terima kasih, sampai bertemu di format surat berikutnya.