Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak. Surat pengaduan barang yang rusak merupakan salah satu jenis surat klaim. Karena kita belum memiliki contoh untuk surat ini maka akan dibuat sebuah contoh surat pengaduan (klaim) atas barang yang rusak yang telah dikirimkan sebelumnya.

Surat pengaduan barang merupakan sebuah surat yang dikirimkan kepada pihak penjual yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi barang yang dikirim dan juga untuk menuntut hak atas kerugian yang diakibatkan atas kerusakan pengiriman yang timbul pada barang yang telah dipesan. 

Surat klaim ini akan berisi detail informasi mengenai barang yang telah dikirim mulai dari nama barang (deskripsi), jumlah , no surat (bukti pengiriman) dan juga keterangan atau kerusakan yang terjadi. Agar lebih jelas, langsung dipelajari saja contoh suratnya di bawah ini.

CV. Anggun Aluminium
Jl. R. Soeprapto No. 32 Kendari Tlp. 0401.257311

Nomor             : XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2013                                   9 Februari 2013
Lamp.              : -
Hal                   : Klaim

Kepada Yth. :
PT. ANUGRAH JAYA MANDIRI
JL. Adiwarman No 12
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang
kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang
rusak beserta keterangan kerusakannya :

No
Deskripsi
Jml
No. Surat Jalan
Keterangan
1
Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm
1
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
Ada 4
slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
2
Tempat Koran dan Majalah

3

XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011

Kain Kanvas sobek dan
galvanise luntur

3
Meja Telepon

2

XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011

Bagian kaki retak dan sambungan
dengan table top lepas

4
4 TV Cabinet
1
XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011
Kaca retak sepanjang 30 cm dan
handle tidak sesuai pesanan


Kami telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah dekatnya jadwal stuffing.

Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,


Tokhai Eliti, SE


Dikemudian hari, jika kita mendapati pengiriman barang pesanan yang tidak sesuai dengan apa yang telah dipesan sebelumnya maka kita dapat melihat "Contoh Surat Pengaduan Barang Yang Rusak" ini kembali guna menyusun surat klaim kepada pihak terkait agar segera ditindaklanjuti.


Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai contoh surat pengaduan untuk barang yang rusak, semoga dapat menjadi referensi berguna bagi kita semua yang membutuhkan. Silahkan lihat juga contoh, format dan draft surat lainnya. Terima kasih.