Contoh Format Surat Izin Orang Tua / Wali Kegiatan Sekolah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Untuk mengikuti kegiatan sekolah adakalanya kita memerlukan surat izin dari orang tua atau wali khususnya untuk kegiatan diluar jam sekolah. Pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah contoh format surat izin orang tua/wali untuk bahan acuan dalam membuat surat izin.

Jadi yang akan kita pelajari kali ini adalah bentuk surat dari orang tua kita yang isinya memberikan izin kepada kita untuk mengikuti kegiatan. Tentu disini jelas sekali bahwa surat ini harus dibuat oleh orang tua yang bersangkutan.

Bagaimana cara membuatnya? Mudah, hampir sama dengan bentuk surat izin pada umumnya. Disini ada beberapa informasi yang perlu disiapkan untuk surat tersebut.

Informasi pertama adalah identitas dari orang tua yang akan membuat surat. Yang kedua adalah identitas dari anak yang akan mengikuti kegiatan.

Dua informasi tersebut dimuat dalam isi suratnya. Kemudian ada juga informasi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan. Lalu, bentuk dan penulisannya bagaimana?

Tidak berbeda dengan surat resmi. Menggunakan bahasa baku dan menggunakan bentuk penulisan surat yang umum digunakan. Berikut silahkan langsung dipelajari format surat tersebut.

SURAT IZIN ORANG TUA / WALI MURID

Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

Nama : ………………………………………..
Umur : ………………………………………..
Pekerjaan : ………………………………………..
Alamat : ………………………………………..

Adalah orang tua / wali murid dari siswa:

Nama : ………………………………………..
NIS : ………………………………………..
Jenis Kelamin : ………………………………………..
Kelas : ………………………………………..
Sekolah : ......................... Kec. .......................... Kabupaten ................................

Dengan ini mengizinkan kepada anak kami tersebut diatas untuk mengikuti perkemahan selama 3 hari yaitu hari Jum’at, Sabtu, Minggu tanggal 25, 26, 27 Maret 2011.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya tanpa paksaan dari pihak lain dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                                Kalidadi, ………………2011
                                                                                                Orang tua / Wali


                                                                                                _____________

Format surat izin di atas merupakan format untuk surat izin kegiatan perkemahan pramuka yang akan diadakan di sekolah. Jadi, untuk kegiatan lain tentu harus disesuaikan terlebih dahulu.


Bagi yang membutuhkan, silahkan disalin atau dipelajari di rumah. Itu saja, semoga contoh tersebut bermanfaat bagi pengunjung semua. Sampai bertemu lagi pada pembahasan selanjutnya.