Contoh Draft Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak)

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak) - Salah satu surat yang biasa dibuat sendiri oleh yang berkepentingan adalah surat ikrar talak atau yang juga sering dikenal dengan sebutan Surat Pernyataan Talak. Untuk sekedar referensi dan sarana belajar berikut ini akan diberikan sebuah contoh draft atau blangko surat tersebut.

Dalam Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak) informasi-informasi yang harus ada antara lain identitas suami dan istri dan kemudian pernyataan talak itu sendiri. Disini segala informasi sebaiknya diberikan secara jelas baik itu tentang data sang suami sebagai pihak I maupun data istrinya. 

Pernyataan ini kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak yang disertai dengan saksi-saksi. Kalau untuk bentuk suratnya sendiri tidak terlalu berbeda jauh dengan jenis surat pernyataan lainnya yaitu terdiri dari kop surat, badan atau isi surat dan juga penutup.

Untuk Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak) ini tidak diberikan contoh langsung tapi hanya sekedar draft atau blangko yang data-datanya tidak ada. Dari blangko Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak) tersebut tentunya diharapkan siapa saja yang membutuhkan bisa terbantu. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung di baca saja contoh draft pernyataan talak berikut!



SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       :
Bin                                           :
Tempat, Tanggal Lahir :
Warganegara                            :
Agama                                     :
Pekerjaan                                 :
Alamat                                     :
                                                 
Pihak Pertama (I) / Suami :

Dengan kesadaran bersama tanpa paksaan atau tekanan dari pihak manapun juga, maka dengan ini pada hari ____________________saya Pihak Pertama (Suami) menyatakan IKRAR TALAK (1/2/3) terhadap Pihak Kedua (Isteri) :

Nama                                       :
Binti                                         : 
Tempat, Tanggal Lahir :
Warganegara                            :
Agama                                     :
Pekerjaan                                 :
Alamat                                     :
                                                 

Bahwa sejak hari _____ tanggal __________ Saudari (Pihak II) __________ Binti _____________ sudah bukan menjadi isteri dan tanggung jawab saya lagi menurut syari’at ajaran Islam dan pada hari ini persoalan yang berkaitan dengan isteri saya bukan menjadi  tanggung jawab saya lagi.
Dan bilamana Saudari _________ Binti __________ (Pihak II) mendapatkan jodoh dengan orang lain maka dengan rasa ikhlas dan ridho, lahir dan bathin, saya persilahkan untuk menikah dan saya tidak akan menuntut atau menggugat kepada siapapun dan begitu juga dengan sebaliknya.
Demikian SURAT PERNYATAAN IKRAR TALAK ini saya buat dan saya tanda tangani secara bersama tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita semua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.
Surat Pernyataan Ikrar Talak ini dapat dilanjutkan atau dipergunakan sebagai bahan bukti ke PENGADILAN AGAMA agar yang berwajib maklum adanya.

Jakarta, _____________

Yang Dijatuhi Talak                                                                  Yang Menyatakan Talak





_______________                                                                  ____________________

Saksi – saksi :

1.                     ...............................


2.                     ...............................

Itulah sedikit mengenai Surat Ikrar Talak (Pernyataan Talak), mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pengunjung semua yang membutuhkan. Untuk contoh lainnya silahkan lihat dibagian bawah.