Contoh Format Surat Izin Lingkungan (Tetangga) untuk Usaha

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Ada sebuah contoh format surat izin baru yang akan dipelajari kali ini yaitu surat izin lingkungan/tetangga yang akan digunakan sebagai salah satu syarat mendirikan sebuah usaha. Bagaimanakah format surat izin lingkungan tetangga ini, mari kita lihat langsung penjelasannya.

Surat izin lingkungan diperlukan saat kita akan mendirikan usaha yang ada kaitannya dengan lingkungan masyarakat sekitar. Hal seperti ini biasanya berkaitan dengan usaha yang mungkin dapat menimbulkan polusi atau ketidaknyamanan lain pada lingkungan sekitar sehingga diperlukan surat izin tertulis dari masyarakat dimana pendirian usaha tersebut disetujui. Untuk lebih jelas mengenai surat ini langsung kita lihat contoh format suratnya berikut.


SURAT PERNYATAAN IZIN LINGKUNGAN/TETANGGA


Kami yang bertanda tangan dibawah ini adalah warga Kelurahan/Kampung ……………………………. Kecamatan …………………………… yang berdomisili di RT ..….. RW ……. dengan ini menyatakan sesungguhnya bahwa kami tidak berkeberatan atas berdirinya sebuah bangunan untuk Usaha ………………………………………………………. milik saudara: ………………………… Pekerjaan …………………………. Alamat ………………………… ………………………………………………………………………………………………………….

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun juga, mohon dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

WARGA YANG MENYETUJUI

Sebelah Timur
Sebelah Barat
1.


1 ………
1.


1 ………
2.


2 ………
2.


2 ………
3.


3 ………
3.


3 ………
4.


4 ………
4.


4 ………
5.


5 ………
5.


5 ………
Sebelah Utara
Sebelah Selatan
1.


1 ………
1.


1 ………
2.


2 ………
2.


2 ………
3.


3 ………
3.


3 ………
4.


4 ………
4.


4 ………
5.


5 ………
5.


5 ………

………………………………………………
Mengetahui
Kepala Kampung/Kelurahan,


___________________


Kita dapat menggunakan contoh di atas sebagai pertimbangan ketika hendak menyusun sebuah surat izin lingkungan. Seperti contoh surat lainnya, format di atas bukan merupakan bentuk pasti karena saya juga mendapatkannya dari beberapa referensi yang ada di masyarakat sekitar dan mungkin tiap-tiap daerah bisa saja berbeda.