Contoh Format Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Advertisement
Contoh Format Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah - Dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya banyak jenis surat yang harus kita buat seperti misalnya Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah. Sebagai bahan referensi tambahan tentang surat menyurat sehari-hari berikut akan diberikan sebuah contoh surat pernyataan tanah tidak bersengketa yang dibuat oleh pemilik tanah.

Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah adalah surat yang berisi pernyataan (statement) dari pemilik tanah bahwa tanah yang dimiliki tersebut tidak dalam sengketa dengan pihak manapun. Surat ini biasanya diperlukan jika kita akan menjual tanah kepada orang lain, ingin menyewakan atau perihal lain yang berkaitan dengan status tanah tersebut.

Informasi-informasi yang harus ada dalam sebuah Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah setidaknya dan paling umum memuat beberapa hal sebagai berikut:
- Identitas Pemilik (Yang Memberikan Pernyataan)
- Identitas Tanah (Letak, ukuran, no bukti kepemilikan, batas-batas)
- Riwayat Kepemilikan dan Status
- Saksi - Saksi

Setidaknya beberapa point di atas merupakan informasi yang sangat penting berkaitan dengan surat pernyataan tanah ini. Untuk bentuk dan tata cara penulisan tentu berpedoman pada tata penulisan surat baku yang sudah diakui. Meski demikian tata penulisan atau formatnya mungkin bisa saja berbeda satu dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat langsung Contoh Format Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah berikut!

SURAT PERNYATAAN TIDAK SENGKETA


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                       :
Tempat/Tanggal Lahir   :
Kewarganegaraan                     :
Alamat                                     :
                                                 
Dengan ini kami menyatakan dengan sebenarnya bahwa kami betul memiliki sebidang tanah darat terletak di ______________ Kelurahan _______________, Kecamatan ________________, Kota _______________sesuai dengan Akte Jual Beli Nomor : _______________ seluas ____ (____________) m2. Adapun batas-batas tanah tersebut sebagai berikut  : 


UTARA                                   :
TIMUR                                    :
SELATAN                               :
BARAT                                   :

Tanah tersebut di atas kami miliki sejak tahun __________berdasarkan Akte Jual Beli Nomor : _________ tanggal ________________. Surat-surat bukti foto copy terlampir, bahwa pada saat dibuat surat pernyataan ini tanah tersebut :

  1. Tidak sengketa baik haknya maupun batas-batasnya
  2. Tidak pernah dijual belikan kepada siapapun juga
  3. Tidak menjadi jaminan Bank Pemerintah maupun Swasta
  4. Tidak pernah dikuasakan kepada orang lain, dengan hak apapun juga
  5. Belum pernah dibuatkan / dikeluarkan SERTIFIKAT
  6. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)nya tahun berjalan dibayar lunas.

Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya dan apabila di kemudian hari Surat Pernyataan ini tidak benar, maka kami tanpa melibatkan pihak lain bersedia dituntut berdasarkan hukum yang berlaku.

      ........................,..........
Saksi-Saksi                                                                              Yang Membuat Pernyataan
1. KETUA RT ..............




   ....................................                                                         .............................................
    
2. KETUA RW .......................




   ....................................                                                        

Nomor : .............................................
Mengetahui,
Lurah ......................................



Itulah sedikit mengenai Surat Pernyataan Tidak Sengketa Tanah yang bisa kita pelajari dan gunakan sebagai bahan referensi ilmu pengetahuan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa lihat juga beberapa contoh surat resmi lainnya di bagian bawah, terima kasih!