Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua untuk SPMB

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Contoh format surat keterangan penghasilan - surat keterangan ini adalah surat yang berisi informasi mengenai penghasilan seseorang. Didalam "keterangan penghasilan" biasanya juga terdapat informasi tentang beban yang ditanggung oleh orang tersebut.

Keterangan penghasilan orang tua ini biasanya diberikan oleh pejabat kampung untuk kepentingan tertentu salah satunya sebagai syarat seleksi pengajuan beasiswa bagi pelajar.

1) Surat izin orang tua wali
2) Surat pemberitahuan kegiatan ekskul
3) Surat permohonan pinjam uang
4) Surat pengantar dari kelurahan
5) Surat keterangan kelakuan baik

Rekan pelajar yang lulus SMA dan ingin mengikuti SPMB khususnya yang berbasis beasiswa terkadang membutuhkan keterangan penghasilan sebagai salah satu syarat seleksi masuk dan kali ini saya akan berbagi satu contoh format surat keterangan tersebut untuk kepentingan ini.

Bentuk surat ini sama dengan bentuk surat keterangan lain yang biasa kita gunakan. Di dalam surat ini ada informasi mengenai siapa yang memberikan keterangan, apa yang diterangkan dan juga pihak yang diterangkan.

Bisanya, keterangan ini bisa langsung diminta atau diurus ke kantor kepala kampung atau kelurahan di masing-masing wilayah. Kita sebenarnya tidak perlu susah-susah untuk menyiapkannya sendiri. Tinggal datang dan nanti akan dibuatkan.

Namun begitu, ketika hendak membuat surat ini hendaknya disiapkan juga informasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh adalah identitas diri.

Selain itu juga perlu disiapkan informasi mengenai pekerjaan yang bersangkutan. Dengan begitu nanti proses pembuatan suratnya bisa lancar. Agar lebih jelas untuk gambarannya mari langsung disimak contoh suratnya dibawah ini.


PEMERINTAH KABUPATEN PINGGIRAN
KAMPUNG MANASAJA
KECAMATAN JAUH BANGGET

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
NOMOR: 160/09/PWJ/5.2011

Saya yang bertanda tangan dibawah ini kepala Kampung Manasaja menerangkan bahwa:

            Nama                                       : MARJAN
            Tempat dan tanggal lahir           : Rogowungu, 12 Mei 1963
            Agama                                     : Islam
            Pekerjaan                                 : Petani
            Alamat                                     : Manasaja RT 019 RW 004
                                                              Kecamatan Jauh Bangget Kab. Pinggiran

Adalah benar warga Kampung Manasaja. Saudara yang bersangkutan memiliki sebidang tanah berupa sawah seluas + 5000 M2 (setengah hektar) yang diatasnya ditanami padi. Sawah tersebut dikelola bersama istrinya yang bernama KASIAH. Oleh karena itu, dengan luas sawah tersebut maka penghasilan kotor keduanya rata-rata Rp. 1000.000,- per bulan dan memiliki tanggungan dua orang anak yaitu:

1. Nurkholis                 (19 Tahun)
2. Dwi Utami                (14 Tahun)

Surat keterangan ini dibuat untuk persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB atas nama Nurkholis.

Demikianlah Surat Keterangan Penghasilan ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.


  Manasaja, 25 Mei 2011
Yang bersangkutan                                                              Kepala Kampung Manasaja


  
          MARJAN                                                                                   LAHJAN

Ya, kalau belum pernah sama sekali memang kadang bingung ketika diminta untuk menyiapkan surat seperti ini. Kalau sudah pernah membaca, mempelajari dan juga membuat sendiri dari contoh yang ada kan tidak akan bingung.

Meski tidak perlu membuat sendiri namun kita bisa belajar dari contoh yang sudah diberikan di atas. Dengan begitu ketika dibutuhkan maka kita tidak akan repot ke sana ke mari karena tidak tahu. Tidak ada salahnya juga kan belajar membuat surat ini?

Contoh Surat Keterangan Penghasilan untuk SPMB
Contoh Draft Format Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
Itulah tadi salah satu contoh keterangan penghasilan orang tua seseorang dari kelurahan atau kampung. Semoga contoh surat tersebut dapat menjadi gambaran bagi pengunjung semua dalam menyusun surat seperti ini. Semoga bermanfaat.