Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Tanah Terbaru

Ditulis oleh: Format Draft Contoh Surat -
Surat Keterangan Kepemilikan Tanah - Contoh surat terbaru yang akan diberikan melalui artikel ini adalah contoh surat keterangan kepemilikan tanah. Surat keterangan kepemilikan tanah ini dikeluarkan oleh kepala kampung untuk dapat dipergunakan sebagaimana yang dibutuhkan. Yang membutuhkannya silahkan dipelajari contoh draft suratnya dibawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Tanah berikut merupakan draft keterangan kepemilikan yang dapat diisi dengan data yang dikehendaki. Jadi, dengan melihat pembahasan ini kita tidak perlu susah payah dalam menulis keterangan kepemilikan tanah yang dibutuhkan.

Tata letak penulisan, bahasa yang digunakan serta hal lain tidak berbeda dengan penulisan surat resmi lainnya. Hanya saja, yang perlu di catat adalah bahwa dalam surat keterangan tersebut perlu dicantumkan informasi tanah yang dimaksud mulai dari lokasi sampai batas-batas tanahnya. 

Lalu apa saja bagian-bagian yang ada dalam keterangan ini? Agar lebih jelas mari kita bahas terlebih dulu bagian-bagiannya.

Yang pertama sekali adalah kop surat. Kok pakai kop segela sih? Ya jelas dong, yang namanya surat keterangan kan dibuat oleh orang lain yaitu pejabat terkait, jadi ya ada kepala suratnya.

Bagian selanjutnya adalah judul dan nomor surat. Iya, yang ditulis cetak tebal rata tengah dan digaris bawah. Dibaris berikutnya nanti ada nomor surat dari instansi yang bersangkutan. Untuk nomor surat tentu memiliki aturan baku pada masing-masing instansi.

Bagian selanjutnya adalah sudah masuk ke isi, bisa dikatakan demikian. Kalimat pertama, awal sendiri berisi siapa yang menerangkan. Contoh kalimatnya misalnya saja "yang bertanda tangan di bawah ini..."

Bagian berikutnya adalah landasan yang digunakan untuk memberikan keterangan, dalam hal ini berkas yang berhubungan dengan kepemilikan tanah yang dimaksud.

Dibagian itu akan disebutkan atau diinformasikan tentang siapa yang membuat surat atau yang menerbitkan surat yang dijadikan rujukan. Informasinya yaitu berisi sebagai berikut:

1) Nama pejabat yang membuat surat
2) Umur
3) Pekerjaan
4) Alamat

Setelah bagian itu maka akan diberikan keterangan yang dimaksud sebagaimana dalam judul surat. Agar lebih jelas, silahkan lihat contoh surat keterangan kepemilikan tanah yang disertakan berikut ini.



Surat Keterangan Kepemilikan Tanah


KOP SURAT

SURAT KETERANGAN KEPEMILIKAN TANAH
Nomor: .........................................

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa ............... Kec. .............. Kab. .............., menerangkan bahwa berdasarkan Surat Pernyataan yang dubuat pada tanggal ................ (terlampir) oleh:

Nama               : .......................
Umur               : .......................
Pekerjaan         : .......................
Alamat            : .......................

Bahwa setelah dicocokkan dengan buku Register Desa ......................., maka tanah dengan SPPT PBB No. …………… Atas nama ....................... dengan luas ........... (H.a) yang terletak di ....................... Desa ....................... Kec. ....................... Kab. ......................., dengan batas-batas sebagai berikut:

Utara                : ........................
Selatan             : ........................
Timur               : ........................
Barat                : ........................

Adalah benar bekas milik ........................ yang dimiliki/dikuasai/digarap oleh yang bersangkutan dan sepanjang sepengetahuan kami bahwa :

1.      Tanah Tersebut Tidak Dalam Sengketa
2.      Tanah Tersebut Tidak Pernah Diperjual Belikan / Dihibahkan
3.      Tanah Tersebut Tidak Dibebani Suatu  Hak Jaminan.
4.      Tanah Tersebut Belum Bersertifikat

Demikian surat kepemilikan tanah ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Registrasi No : .........................
Tanggal          : .........................
           
Jakarta, 1 Oktober 2013
Kepala Desa ...................

__________


Mengetahui
Camat ........................,

__________________


Untuk yang membutuhkan dapat langsung menggunakan draft tersebut dan mengisi datanya sesuai kebutuhan. Singkat saja yang dapat diuraikan untuk surat keterangan kepemilikan tanah kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk mencatat alamat blog ini agar mudah mencari berbagai contoh surat lain yang dikehendaki. Lain waktu kita akan terus menghadirkan pembahasan mendalam berbagai jenis surat yang dibutuhkan.

Download Surat Keterangan Kepemilikan Tanah doc

Surat resmi dan tidak resmi. Baku dan tidak baku, akan kita pelajari lebih jauh agar bisa menjadi ilmu yang bermanfaat khususnya bagi kita yang berkecimpung di dunia kearsipan. Itu saja, semoga bermanfaat.